Dorong Pemerintah Daerah Bantu Sekolah Swasta Agar Eksis Dalam Belajar Mengajar

SAMPIT – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Sanidin meminta pemerintah daerah membantu sekolah swasta agar tetap eksis melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Menurutnya, keberadaan sekolah swasta di semua jenjang pendidikan turut andil membantu pemerintah dalam dunia pendidikan di Kotawaringin Timur. Namun sayangnya perhatian pemerintah terhadap sekolah swasta dinilai masih kurang.

“Saya prihatin melihat kondisi sekolah-sekolah swasta, bahkan ada yang sampai tutup. Padahal sekolah swasta juga turut membantu anak usia sekolah di Kotim untuk tetap bersekolah,” kata Sanidin, Jumat (11/6/2021).

Selama ini ujarnya, sekolah swasta harus berupaya keras agar bisa bertahan. Padahal keberadaan sekolah swasta juga sangat membantu dalam akses pendidikan anak-anak di tengah keterbatasan yang dimiliki pemerintah.

Sanidin meminta pemerintah membantu sekolah- sekolah swasta agar bisa bertahan, bahkan mening- katkan kualitasnya. Tujuannya juga untuk meningkatkan kualitas peserta didik yang notabene juga sama-sama generasi penerus daerah dan bangsa ini.

“Upaya yang bisa dilakukan untuk membantu sekolah swasta misalnya dengan mem- perbantukan guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun tenaga kontrak untuk mengajar di sekolah swasta,” tegasnya.

Tentunya, gaji guru tersebut tetap ditanggung pemerintah. Langkah seperti ini akan sangat membantu. Selain meringankan beban sekolah swasta dalam membiayai dan memenuhi kekurangan guru, bantuan itu juga diharapkan berdampak pada pemerataan kualitas pendidikan.

Pemerintah juga bisa membantu peralatan belajar dan mengajar yang dibutuhkan sekolah swasta. Bantuan tersebut akan sangat bermanfaat di tengah keterbatasan anggaran yang dimiliki sekolah swasta.
(re)

Total Page Visits: 523 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *