Kebijakan Pencegahan Karhutla Disosialisasi DLHKP Gumas

KUALA KURUN – Tindakan Pencegahan (Karhutla) Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) sangat perlu dilakukan kesiap-siagaan. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Gumas melalui Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan dan Perhubungan (DLHKP) Kabupaten Gumas melakukan sosialisasi pencegahan dan penanganan Karhutla yang ada 12 kecamatan khususnya di Kecamatan Tewah.

Kepala DLHKP Kabupaten Gumas Yohanes Tuah melalui Kabid Pengeloaaan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas, Nuning mengatakan, karhutla berulang hampir setiap tahun di Indonesia, apalagi memasuki musim kering. Sehingga masyarakat yang menjadi terdampak dari hal tersebut.

“Oleh karena itu, Pemerintah melalui DLHKP Kabupaten Gumas, melakukan sosialisasi kebijakan pencegahan karhutla ke 12 kecamatan, memang ini sudah tiga kali kami lakukan dan disusul lagi untuk sembilan kecamatan lainnya,” ucap Kabid Pengeloaan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Nuning, Selasa (23/3/2021) pagi.

 

Selain itu, kata dia, upaya pemerintah rangka pencegahan karhutla yang tujuannya, agar masyarakat bisa mendapatkan informasi edukasi terkait kebijakan-kebijakan tersebut, untuk meminimalisir dari pada karhutla itu sendiri. Sehingga adanya perlindungan bagi peladang tradisional yang ada di wilayaj setempat.

“Karena sosialiasi ini bagi pihak keamanan agar melakukan tindakan dengan benar, sesuai situasi serta kondisi masyarakat daerah dan nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku, serta bagi masyarakat ada satu kepastian, jaminan melaksanakan aktifitas kehidupan sehari-hari khusus bagi peladang dan pekebun di daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Hera Maretina menjelaskan tujuan dari sosialisasi kebijakan pencegahan karhuta tersebut, yakni untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahayanya karhutla. Selain itu, memberikan informasi penegakan hukum akibat kebakaran itu.

“Terlebih lagi memberikan informasi kesiapsiagaan dalam menghadapi karhutla, dan pemadaman karhutla secara cepat dan tepat. Sedangkan narasumber dari Pabung Kodim 1016/Plk Kapten Inf M Ayyuf, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Gumas Indra Haga, perwakilan Polres Bripka Anggrio dan pesertanya kades dan perangkat yang ada di Kecamatan Tewah,” pungkasnya.

Turut hadir di kegiatan itu, selain Perwakilan DLHKP Kabupaten Gumas, Nuning bersama jajarannya, Camat Tewah Rawei dan jajaran, Kapolsek Tewah Iptu Nanang Mauludi, perwakilan Koramil, Seluruh Kades dan Sekdes di Kecamatan Tewah, tokoh masyarakat dan tokoh agama. (KR)

Total Page Visits: 1701 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *