Berpotensi Timbulkan ‘Kerumunan’ Disdik Kapuas Gelar Ujian Sistem Daring

KAPUAS – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kapuas dalam waktu dekat, akan melaksanakan ujian praktek tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah menengah Kejuruan (SMK) dengan menggunakan sistem daring.

Hal itu di sampaikan Kepala Disdik Kapuas Dr. Suwarno Muriyat, bahwa pelaksanaan ujian praktek tersebut, akan di laksanakan pada 29 Maret, hingga 3 April mendatang.

“Pada tanggal itu, kita fokuskan untuk ujian praktek tingkat SMA dan SMK terlebih dahulu,” katanya kepada Voice Borneo, Jumat (5/3).

Namun, saat membahas perihal ujian dalam rapat gugus tugas, pihaknya memiliki sedikit kendala yang harus diperhatikan.

“Kendalanya saat pulang ujian, dapat dipastikan para murid akan bergerumul di lokasi lokasi tertentu,” ucapnya.

Oleh sebab itu, pihaknya tidak akan memberikan ujian secara langsung, mengingat Kabupaten bertajuk ‘Tingang Menteng Panunjung Tarung’ tersebut, kembali memasuki zona merah. Ditambah, masyarakat terpapar Covid 19 semakin meningkat.

“Tentu jika kita tetap melaksanakannya akan menimbulkan resiko. Tetapi, kami memiliki solusi, yaitu dengan ujian biasa secara daring. Kemudian, Soalnya akan diberikan melalui internet kepada masing masing murid,” jelasnya.

Sedangkan untuk SMK lanjut ia, ujian praktek akan di rekam oleh murid secara langsung, dan hasil video langsung di kirimkan ke sekolah.

“Itulah solusi yang kita dapatkan, agar kemungkinan terburuk di masa pandemi ini bisa di minimalisir sebaik mungkin,” terangnya.

Sedangkan, untuk ujian Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), pihaknya telah menyusun soal yang merujuk pada standar kabupaten, dan nantinya akan langsung di bagikan ke sekolah masing masing.

“Hal ini bertujuan untuk melihat dan mengukur tingkat standar kabupaten. Tentunya, dalam hal ini turut memacu para guru untuk belajar, terutama dalam masalah daring ini,”pungkasnya.(gor)

Total Page Visits: 703 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *