Disiplin Prokes Ditingkatkan Pasca Lonjakan Kasus Covid-19 di Mura

PURUK CAHU – Sebagai langkah antisipasi terus terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Murung Raya (Mura), Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 setempatakan kembali perketat pendisiplinan protokol kesehatan di masyarakat.

Hal ini disampaikan Ketua Harian Satgas Covid-19 Kabupaten Mura, Drs Hermon Msi. Dia mengakui bahwa ada kelonggaran prokes yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Hal ini yang berimbas pada terjadinya lonjakan kasus positif.

“Dukungan masyarakat terhadap kerja tim Satgas sudah luar biasa di tahun 2020. Namun pada awal Tahun 2021 ini terjadi kelonggaran dan ini yang akan kembali dikuatkan dengan melakukan evaluasi” jelas Hormon kepada awak media usai memimpin rapat evaluasi bersama di gedung B Kantor Bupati Mura yang dihadiri seluruh tim satgas dan undangan dari unsur pengusaha yang ada di Kota Puruk Cahu, Selasa (23/2/2021).

Dia juga menambahkan, untuk tahun 2021 ini akan dilakukan pengembangan program penanggulangan penyebaran covid-19, yaitu akan dikuatkan pada Kampung Isen Mulang atau kampung tangguh covid-19. “Tahun ini kita akan lebih fokus dengan memperhatikan sebaran kasus sehingga, sehingga dapat memetakan sebaran” tambahnya.

Hermon juga mengatakan, Pemberlakuan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berskala mikro yang akan dilakukan Tim Satgas, dengan memperhatikan sebaran kasusnya. “Kita akan lebih tertibkan lagi pada tempat berkumpulnya publik, seperti biro perjalan, jenis usaha yang sifatnya mengumpulkan orang banyak. Dengan sasaran dapat menekan angka lonjakan kasus kedepan,” sebutnya.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa pihaknya akan lebih membatasi pengajuan izin kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak. Jika diajukan di daerah terdapat peta sebaran covid-19 bisa diberikan dengan syarat mutlak wajib menerapkan protokol kesehatan. (ard)

Total Page Visits: 633 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *